Memilih Software Akuntansi Sesuai Kebutuhan

Setiap persuahaan yang melakukan proses bisnis, tentunya perlu mencatat kegiatan-kegiatan bisinis, terutama yang berkaitan dengan keuangan di dalam usaha yang dijalankannya, yang mana proses tersebut dikenal dengan istilah pembukuan atau akuntansi. Proses pembukuan atau akuntansi dapat dilakukan secara manual dengan menggunakan alat tulis, atau menggunakan aplikasi maupun software yang dapat mempermudah dalam proses pencatatannya.

Dewasa ini tidak sulit untuk sekedar mencari software akuntansi, karena banyak sekali software akuntansi yang telah beredar, baik yang telah memiliki nama besar di Indonesia ataupun sekedar software sederhana yang dibagikan gratis oleh pembuatnya. Hal itu dapat dilihat dari hasil pencarian di mesin pencari. Saat kita masukkan kata-kata "software akuntansi" pada mesin pencari, maka akan muncul ratusan link yang mengarahkan kita kepada software yang dimaksud, yang pada umumnya adalah software berbayar.

Namun untuk mencari sebuah software bisnis yang benar-benar dapat mengakomodasi proses bisnis di dalam perusahaan yang dijalankan, bukanlah suatu hal yang mudah. Karena pada umumnya software yang dijual di pasaran saat ini, dirancang hanya untuk mengakomodir pencatatan keuangan saja. Dan hal itu sangatlah wajar, karena antara perusahaan satu dengan yang lainnya belumlah tentu memiliki bisnis proses yang sama, walaupun bergerak pada bidang usaha yang sama. Sehingga sangatlah sulit bagi pengembang software untuk membuat sebuah software yang dapat diaplikasikan pada setiap model bisnis proses yang ada.
memilih-software-akuntansi
 
Nama besar sebuah software akuntansi bukanlah suatu jaminan untuk dapat diaplikasikan pada seluruh bisnis proses dalam sebuah perusahaan. Adapun software bisnis yang dapat mengakomodir setiap bisnis proses saat ini harganya sangatlah fantastis bagi perusahaan kecil maupun menengah, dan dalam pengoperasiannya perlu pelatihan tersendiri bagi penggunanya, selain itu juga biaya perawatannya juga tinggi, walaupun hasil yang diperoleh juga sesuai.
 
Untuk itu kami PT. Easywork Indonesia, dalam kurun waktu 4 tahun ini, telah mengembangkan Easywork Enterprise (EES), sebuah software akuntansi yang dapat diaplikasikan banyak bisnis proses di dalam suatu perusahaan. Dari hasil pengembangan tersebut untuk saat ini, para pengguna EES sudah mendapatkan software bisnis yang sangat mudah digunakan dan sesuai dengan bisnis proses yang ada.
 
Meskipun tidak selengkap dan se-komprehensif software bisnis kelas dunia, seperti SAP, EES dirancang dengan pola pemikirian menyerupai software tersebut. Sehingga walaupun tidak mahal, dan memerlukan waktu yang lama dalam konfigurasinya EES dapat memenuhi kebutuhan software bisnis perusahaan sekelas UKM sampai dengan perusahaan besar yang memiliki banyak cabang dan divisi. Sehingga mulai dari release awalnya sampai dengan saat ini pengguna EES tidak pernah mengalami gangguan ataupun permasalahan dalam proses akuntansi mereka.
 
Bagi Anda yang masih ragu dan bingung karena pernah mengalami pengalaman buruk dengan software akuntansi lain, kami, telah menyediakan versi demonya yang dapat digunakan gratis hingga 100 kali (100 kali buka tutup aplikasi), yang jika digunakan dengan baik sudah dapat diketahui hasilnya tentang ketangguhan EES.